Inilah Golongan Manusia Yang Akan Lolos Dari Azab Kubur

Sudah menjadi ketentuan bahwa setiap manusia akan mengalami Kematian. Sesuai janji Allah, Semua manusia akan melewati satu proses yaitu mendapatkan pertanyaan dari Malaikat Munkar - Nakir setelah dikuburkan. Untuk selanjutnya, bagi manusia yang lebih berat timbangan keburukan nya, mereka tidak akan bisa menjawab pertanyaan tersebut dan akan menjalani azab atau siksa kubur hingga datang nya hari kiamat.


Inilah Golongan Manusia Yang Akan Lolos Dari Azab Kubur
Foto: kabarmakkah.com
Akan tetapi, ternyata ada manusia tertentu yang akan dilewatkan oleh malaikat Munkar - Nakir dan lolos dari pertanyaan Mereka. Hal ini sebagaimana dituliskan oleh Syeikh Said Bin Muhammad Ba'asyin didalam karyanya "Busyrol Karim" yang artinya : 

" Pertanyaan malaikat di alam kubur berlaku kepada setiap mukallaf, terkecuali bagi orang yang dibebaskan. Mereka yang dibebaskan seperti misalnya para Nabi, Syuhada, Shidiq, para petugas penjaga perbatasan daerah musuh, orang yang meninggal karena sakit perut, orang yang secara istiqomah membaca surat Tabarok atau Haa Miim As-Sajdah disetiap malam, orang-orang yang mati akibat penyakit sampar atau orang yang wafat pada hari jumat. Demikian juga hal tersebut berlaku bagi mereka yang mati syahid. Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Imam Al-Quthubi."

Bagi mereka, golongan orang yang dilewatkan atau tidak ditanya oleh malaikat Munkar - Nakir tersebut, tidak akan mendapat siksaan di alam kubur nya. Bagi orang yang beriman, walaupun semasa hidupnya di dunia pernah melakukan perbuatan maksiat, kelak di alam kubur akan mendapatkan Taufik sehingga walaupun dengan tergagap-gagap pada awalnya, mereka akan dapat menjawab pertanyaan Malaikat Munkar - Nakir.

Jadi menurut Imam Al-Qurthubi, Golongan orang-orang yang akan dilewatkan dari pertanyaan malaikat Munkar - Nakir di alam kubur adalah :

  • Para Nabi
  • Kaum Syuhada
  • Orang yang Shidiq
  • Petugas penjaga perbatasan dengan daerah musuh
  • Orang yang meninggal karena sakit perut
  • Orang yang istiqomah membaca surat Tabarok atau Haa Mim As-Sajdah setiap malam
  • Orang yang mati karena sakit sampar
  • Orang yang mati pada hari Jumat

Itulah golongan orang-orang yang akan lolos atau tidak akan ditanya oleh malaikat Munkar - Nakir pada saat di alam kubur. Untuk itu hendaklah kita berupaya mempersiapkan bekal sebanyak-banyaknya untuk di akhirat nanti, yaitu dengan cara selalu mengikuti semua perintah Allah SWT dan menjauhi semua larangan-Nya. Semoga kita termasuk kedalam golongan orang-orang tersebut diatas, Amin.
Wallahu A'lam.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Golongan Manusia Yang Akan Lolos Dari Azab Kubur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel